Teknologi & Informasi di Tahun 2025 | Part 2 - ChatGPT



ChatGPT adalah program komputer yang dapat berinteraksi dengan pengguna dalam bahasa alami, seperti berbicara dengan orangChatGPT merupakan model bahasa AI (Artificial Intelligence) yang dikembangkan oleh OpenAI. 
Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang ChatGPT:
  • ChatGPT dilatih dengan menganalisis teks dari berbagai sumber, seperti artikel, buku, dan situs web. 
  • ChatGPT dapat menjawab pertanyaan, memecahkan masalah, dan menghasilkan teks yang kreatif. 
  • ChatGPT dapat digunakan sebagai asisten virtual berbasis teks, penghasil ide dan konten, dan penerjemah bahasa. 
  • ChatGPT dapat merespons permintaan dengan menghasilkan teks yang mengikuti konteks dan gaya bahasa yang diberikan. 
  • ChatGPT dapat diakses melalui website atau aplikasi di HP Android dan iPhone. 
  • Untuk menggunakan ChatGPT di website, pengguna dapat mendaftar dengan email, Google Account, atau Microsoft Account. 
  • Untuk menggunakan ChatGPT di HP, pengguna dapat mengunduh aplikasi ChatGPT di Google Play Store atau App Store. 
  • Kumpulan data yang digunakan ChatGPT hanya tersedia hingga tahun 2021, sehingga informasi yang diberikan belum update. 
5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang ChatGPT

1. Apa itu ChatGPT? Bagaimana cara kerjanya?

ChatGPT adalah jenis model kecerdasan buatan yang dilatih untuk menghasilkan tulisan yang koheren dan mirip manusia tentang topik tertentu. “ChatGPT dioptimalkan untuk dialog,” (1) yang berarti pengguna berinteraksi dengan chatbot dalam konteks percakapan, dan chatbot akan menyusun teks berdasarkan perintah pengguna. Bot tersebut mampu menghasilkan teks tentang berbagai topik dan dalam berbagai gaya, “Anda cukup mengetik pertanyaan atau memberinya perintah dan chatbot akan menghasilkan teks untuk Anda.” (2)

Anda mungkin tertarik untuk mencoba alat ini untuk mempelajari lebih lanjut: https://chat.openai.com, Perlu diketahui bahwa ChatGPT "gratis" karena mengumpulkan informasi dari penggunanya (misalnya, kapan dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan alat ini, alamat IP pengguna, jenis peramban, zona waktu, jenis perangkat, sistem operasi, dan negara) dan dapat berbagi informasi dengan vendor dan afiliasi pihak ketiga (3). Karena alasan tersebut, kami sarankan Anda untuk tidak mengirimkan informasi sensitif atau pribadi apa pun. Selain itu, kami sarankan Anda meninjau kebijakan privasi dan ketentuan layanan dengan siswa sebagai latihan pembelajaran.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ChatGPT, kolega kami dari Kantor Teknologi Akademik Dr. Juile Schell membuat video singkat ini tentang apa itu ChatGPT, cara mendaftar, dan cara kerjanya.

Sumber lain yang bermanfaat untuk mempelajari lebih lanjut tentang Chat GPT adalah presentasi yang dikembangkan oleh Dr. Torrey Trust (U Mass Amherst) yang mencakup berbagai pertanyaan yang diajukan sebelumnya dan keluaran yang telah selesai. (4)

2. Mengapa ChatGPT penting?

Siswa dapat memasukkan perintah tugas dan menerima produk yang dapat mereka serahkan sebagai pekerjaan mereka. Teks yang dihasilkan oleh chatbot dapat berupa respons yang tersusun dengan baik dan akurat, tergantung pada kompleksitas tugas dan keterampilan siswa dalam membuat perintah yang efektif. Banyak instruktur dan akademisi pendidikan tinggi yang menguji alat tersebut melaporkan respons yang beragam, termasuk: 

  • Makalah yang dihasilkan ChatGPT menerima nilai B+ hingga A- minus menurut rubrik yang ditetapkan. 
  • Makalah yang dihasilkan ChatCPT tidak menandai alat pendeteksi plagiarisme Turnitin (yaitu, tidak ada plagiarisme yang terdeteksi).
  • Chatbot ChatGPT menghasilkan makalah yang ditulis dengan tata bahasa yang baik dan relevan dengan topiknya, tetapi kesulitan dalam membuat tanggapan terperinci yang menunjukkan pemahaman yang mendalam
  • ChatGPT mampu melakukan semua yang diminta, termasuk menggunakan format APA dan kutipan yang benar; untuk konten Keperawatan, semuanya akurat dan spesifik.

Selain itu, banyak akademisi dan praktisi pendidikan tinggi telah mencatat bahwa alat tersebut mungkin menarik bagi siswa dalam kursus besar di mana mungkin menjadi tantangan untuk mengintegrasikan pendekatan personal dalam pengajaran menulis dan penyediaan umpan balik yang mendalam.

3. Apa saja sisi negatifnya?

  • Mengirimkan informasi pribadi ke situs web OpenAI tanpa mengetahui bagaimana data tersebut akan digunakan oleh OpenAI
  • Siswa tidak menguasai keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses, seperti desain audiens, organisasi global, dan meneliti suatu topik
  • Pelanggaran etika, kurangnya integritas
  • Penggunaan teknologi digital yang tidak kritis

Pada saat yang sama, ada pula sisi buruknya jika melarang teknologi ini dan mengabaikan pemahaman mengapa teknologi ini diciptakan dan masalah-masalah yang coba dipecahkannya.

4. Ke mana arah ChatGPT?

Penerapan teknologi kecerdasan buatan akan terus berkembang dengan cara yang saat ini mungkin belum jelas, memerlukan percakapan berkelanjutan yang berfokus pada etika, nilai instruksional, dan pedagogi yang efektif.

5. Apa implikasinya bagi instruktur UT Austin?

Sebagai langkah awal, mempelajari alat ini akan membantu instruktur memperoleh kesadaran dan tahu untuk mencari bantuan ketika masalah yang terkait dengan ChatGPT muncul. Selain itu, peluncuran ChatGPT mendorong kita untuk meninjau kembali cara terbaik untuk menilai pembelajaran siswa dalam berbagai konteks pengajaran (5). Alat ini mengundang kita untuk mengajukan pertanyaan penting, seperti:

  • Mengapa dan bagaimana cara terbaik kita membekali siswa menjadi penulis yang tangguh?
  • Dengan cara apa lagi siswa dapat menunjukkan pembelajarannya selain melalui makalah tertulis? 
  • Apa cara terbaik untuk meminta tulisan siswa yang bermakna dan autentik?
  • Jika siswa mengandalkan ChatGPT sebagai sumber informasi untuk menjawab pertanyaan faktual, bagaimana hal itu akan memengaruhi pengembangan keterampilan penelitian mereka?

Fokus pada hubungan antara mahasiswa dan instruktur serta misi pendidikan universitas ini sejalan dengan upaya yang lebih luas yang tengah dilakukan untuk memperkuat pentingnya proses pembelajaran, termasuk membuat dan mengoreksi kesalahan. Universitas sedang dalam proses menyegarkan kode kehormatan dan penegasan kode kehormatan kami untuk memperbarui komitmen kami dalam mendukung mahasiswa dalam perjalanan mereka untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang kompleks. 

Dengan mempertimbangkan jenis pertanyaan dan masalah ini, kami telah mengumpulkan berbagai saran yang dapat Anda pilih untuk diterapkan dalam praktik mengajar Anda jika penggunaan ChatGPT oleh siswa relevan bagi Anda.

Menggabungkan satu atau dua pendekatan berikut dapat membantu meredakan kekhawatiran dan tantangan yang mungkin timbul dengan diperkenalkannya alat ChatGPT

Penulis : Satya Permata Wicaksana - CEO Safira Artikel

Komentar